5 Khasiat Sambiloto yang Terkenal dengan Rasa Pahit

5 Khasiat Sambiloto yang Terkenal dengan Rasa Pahit

Sambiloto merupakan herbal yang banyak digunakan sebagai obat tradisional. Nama latin sambiloto adalah Andrographis Paniculata. Sambiloto terkenal dengan khasiatnya dan rasanya yang sangat pahit.

Dari nama latinnya, kita tahu bahwa sambiloto kaya akan senyawa yang disebut andrografolid. Andrografolid merupakan senyawa yang memiliki fungsi imunomodulator, khususnya imunostimulan.

Artinya, kandungan dalam sambiloto dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, tanaman sambiloto mengandung beragam antioksidan, di antaranyanya flavonoid, tannin, terpenoid dan saponin. Karena itu, sambiloto juga memiliki efek anti-inflamasi, antibakteri dan antivirus.

Khasiat sambiloto

1. Meredakan gejala flu

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kandungan dalam aambiloto dapat meredakan gejala flu, seperti batuk dan pilek, bersin-bersin, demam, sakit tenggorokan dan pemulihan flu yang lebih cepat.

Ini karena zat dalam sambiloto memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri dan antivirus.

Untuk hasil yang lebih baik, anda dapat memilih kombinasi suplemen sambiloto dan ginseng, cukup tidur, makan makanan yang sehat dan menjauhi polusi dan asap rokok.

Baca Juga :  5 Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan, Lihat di Sini!

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat penting daun sambiloto lainnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh.

Daun sambiloto berperan meningkatkan kinerja sel darah putih sehingga lebih efektif dalam mencegah berbagai bakteri dan virus penyebab infeksi.

Selain itu, diketahui bahwa ekstrak dalam sambiloto dapat meningkatkan daya tahan tubuh untuk mendeteksi dan melawan sel kanker dalam tubuh.

3. Mengobati diabetes

Manfaat daun sambiloto juga dapat membantu mengobati diabetes tipe 2. Hal ini karena ekstrak rebusan sambiloto dapat meningkatkan penyerapan glukosa dan sel-sel lemak, sehingga dapat mengontrol kadar gula darah.

4. Meredakan nyeri dan mencegah infeksi

Banyak orang meyakini daun sambiloto dapat dimanfaatkan untuk meredakan nyeri, mencegah bakteri  hingga mengatasi cacingan.

Daun sambiloto juga memiliki sifat anti-inflamasi, anti-oksidan, anti-bakteri, anti-kanker, anti-hiperglikemik, hepatoprotektif dan anti-hiperglikemik.

Karena kemampuannya itu, penelitian menunjukkan daun sambiloto termasuk bahan alami yang bermanfaat untuk pengobatan peradangan dan infeksi.

5. Menurunkan tekanan darah

Sambiloto memiliki efek melebarkan pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Baca Juga :  5 Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan, Lihat di Sini!

Namun, hati-hati jika anda mengonsumsi sambiloto ketika juga mengonsumsi obat darah tinggi. Hal ini dapat menyebabkan tekanan darah turun terlalu banyak.