fbpx
5 Cara Merawat Tas Kulit yang Tepat Agar Awet

5 Cara Merawat Tas Kulit yang Tepat Agar Awet

Banyak orang yang tertarik dengan fashion tas kulit. Selain sebagai pernak-pernik, tas mewah ini juga dapat meningkatkan pamor.

Tak hanya itu, kualitas tas kulit juga sangat unggul, tahan lama, tidak mudah rusak. Hal ini tentunya harus diperhatikan dengan baik. Apa yang harus dilakukan untuk menjaga tas kulit?

1. Jangan mencuci tas kulit dengan deterjen

Meskipun deterjen adalah cairan pembersih, namun bukan pilihan yang tepat untuk membersihkan tas kulit.

Butiran-butiran kecil pada deterjen dapat mengiritasi tas kulit, dan residunya akan menyumbat pori-pori tas kulit. Ini dapat membuat tekstur tas menjadi kering dan terlihat pecah-pecah.

Cara terbaik untuk menghilangkan noda pada tas kulit adalah dengan menggunakan pembersih tas kulit khusus dan tidak berbahaya.

2. Jika terkena air, keringkan di suhu ruangan

Jika tas kulit anda tidak sengaja terkena air, bersihkan area basah dengan handuk kering yang lembut, lalu keringkan di suhu ruangan.

Jangan menggunakan pengering rambut, atau bahkan menjemur tas di bawah terik matahari karena akan memengaruhi warna dan tekstur tas kulit.

3. Selalu membersihkan noda pada tas kulit

Tas kulit yang sering digunakan pasti akan terkena noda seperti noda makanan, noda alat make up dan noda lainnya.

Anda bisa menggunakan bahan pembersih seperti baby oil atau membersihkan noda dengan handbody.

Hal ini juga dapat digunakan sebagai cara merawat tas kulit agar tidak berjamur dan selalu bersih.

4. Jauhkan dari matahari

Sinar matahari yang terus menyinari baik secara langsung maupun tidak langsung pada tas dapat merusak tekstur kulit dan menyebabkannya retak. Oleh karenanya, simpan tas dan sepatu jauh dari sinar matahari, termasuk jendela.

5. Jangan malas ganti tas

Berapa kali anda mengganti tas dalam sebulan? Biasanya saat sudah nyaman dengan tas tertentu anda tidak rela menggantinya.

Jangan malas, dengan memutar atau mengganti tas, anda akan tahu lebih sadar apakah tas tersebut berjamur atau rusak, sehingga anda dapat segera membersihkan atau memperbaikinya.

Selain itu, mmengganti tas juga dapat mencegah tas berjamur akibat lama penyimpanan di lemari. Juga perlu diingat bahwa tas yang sering digunakan juga berisiko lebih cepat rusak.