5 Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Dicas, Ikuti !

5 Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Dicas, Ikuti !

Ponsel Android terkini biasanya sudah dilengkapi dengan baterai yang mampu bertahan lama. Sayangnya, anda sering kali menghadapi masalah tidak dapat mengisi daya ponsel Android anda saat baterai hampir habis.

Bila anda menemui kendala seperti itu, jangan membawa Android anda ke petugas servis HP terlebih dahulu. Melainkan, cek apakah ponsel anda rusak atau hanya beberapa masalah non-teknis.

Dengan mendeteksi sendiri masalah ini, anda dapat menghemat biaya servis yang mungkin membutuhkan bujet yang cukup besar.

Nah, di bawah ini kami bagikan cara memperbaiki ponsel Android yang tidak dapat diisi daya:

1. Restart HP

Masalah HP yang tidak bisa dicas seringkali hanya bersifat sementara. Untuk mengatasi masalah ini, langkah pertama yang harus anda coba adalah restart atau matikan dan hidupkan kembali ponsel.

Saat ponsel dinonaktifkan, semua aplikasi yang berjalan di background akan mati. Oleh karena itu, segala penyebab masalah HP akan otomatis hilang. Tetapi jika ponsel anda masih tidak dapat dicas setelah dihidupkan, silakan coba ikuti langkah-langkah berikut ini.

Baca Juga :  Cashpop, Aplikasi Penghasil Uang Sambil Bersantai

2. Coba cas dari sumber berbeda

Mungkin saja cas HP milik anda tidak bermasalah , tetapi stop kontak yang anda gunakan untuk mengisi daya yang bermasalah. Oleh karenanya, anda bisa mencoba mengisi daya dari sumber berbeda, misalnya langsung dari komputer.

3. Periksa charging port

Periksa charging port pengisian daya di bawah ponsel Android anda. Hal ini untuk memastikan bahwa kondisinya bersih atau kotor. Sebab, kotoran yang menempel akan menyebabkan port pengisian tidak terpasang dengan baik sehingga membuat HP tidak dapat dicas.

4. Ganti baterai

Jika kabel pengisi daya dan adaptor masih berfungsi normal, baterai HP mungkin yang bermasalah. Hal ini biasanya terjadi jika baterai yang anda gunakan bukan baterai HP asli, atau mungkin baterai sudah rusak.

Jadi, anda harus membeli baterai baru. Usahakan untuk membeli baterai baru yang original sesuai dengan tipe ponsel anda, agar bisa bertahan lama.

5. Perbarui Sistem Operasi (OS)

Perubahan software yang digunakan pada perangkat anda mungkin memiliki dampak yang lebih besar pada masa pakai baterai. Ponsel lama terkadang tidak dapat menangani sotfware terbaru dan bagaimana cara software itu memengaruhi daya tahan baterai.

Baca Juga :  Bocor! Ini Spesifikasi Asus Zenfone 8 yang Bakal Dirilis