fbpx
4 Cara Menghilangkan Kantung Mata yang Mengganggu
Source : freepik

4 Cara Menghilangkan Kantung Mata yang Mengganggu

Begadang di malam hari dapat menyebabkan gangguan kesehatan mata, apalagi sekarang ini banyak orang yang menghabiskan waktu untuk begadang demi menonton serial drama Korea ataupun demi menonton pertandingan bola.

Masalah kulit akibat begadang antara lain ialah wajah menjadi kusam terlihat seperti tidak segar, kemudian munculnya kantung mata yang membuat penampilan terlihat lesu.

Lantas, bagaimana cara mengatasi permasalahan ini? Setidaknya ada empat bahan alami yang bisa kita jadikan ‘obat’ untuk menghilangkan kantung mata, di antaranya:

Timun

Kita bisa menggunakan timun untuk menghilangkan kantung mata. Bahan alami ini mengandung astringen untuk mencerahkan warna kulit. Metode yang perlu kita terapkan sangat sederhana.

menghilangkan kantung mata menggunakan timun
menghilangkan kantung mata menggunakan timun (Source : freepik)

Pertama, potong timun menjadi irisan tebal dan masukkan ke dalam lemari es selama 30 menit. Setelah itu, taruh timun dingin di mata selama 10 menit. Lalu, bilas wajah dengan air hangat. Kita bisa mencoba cara ini dua kali sehari.

Tomat

Selain timun, kita juga bisa memanfaatkan tomat untuk menghilangkan kantung mata. Likopen pada tomat tidak hanya memberikan manfaat itu, tetapi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mata.

Baca Juga :  Latihan Keseimbangan Lansia Agar Tak Mudah Jatuh

Caranya adalah dengan mencampurkan jus tomat dengan air lemon dalam proporsi yang seimbang. Selanjutnya, oleskan campuran itu pada kulit di bagian bawah mata menggunakan kapas.

Menghilangkan kantung mata menggunakan tomat & lemon
Menghilangkan kantung mata menggunakan tomat & lemon

Pastikan untuk tidak mengenai mata karena akan menyebabkan iritasi. Setelah didiamkan selama 10 menit, bilas menggunakan air.

Kentang

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan kantung mata adalah kentang. Bahan alami tersebut mengandung vitamin C yang dapat digunakan untuk sintesis kolagen. Dengan begitu, elastisitas kulit bisa terjaga.

Menghilangkan kantung mata menggunakan parutan kentang
Menghilangkan kantung mata menggunakan parutan kentang (Source : freepik)

Kita perlu menggiling atau memarut kentang terlebih dahulu. Kemudian, peras kentang yang sudah diparut agar kita mendapat ekstraknya. Setelah itu, celupkan kapas pada ekstrak kentang tersebut lalu oleskan pada bagian bawah mata (kantung mata) dan biarkan selama 10 menit.

Minyak kelapa

Kita juga bisa menggunakan minyak kelapa sebagai cara menghilangkan kantung mata. Minyak kelapa mengandung pelembab alami, sehingga dapat mencegah munculnya kerutan di wajah.

Menghilangkan kantung mata menggunakan minyak kelapa
Menghilangkan kantung mata menggunakan minyak kelapa ( Source : freepik)

Kita hanya perlu mengoleskan minyak kelapa pada bagian bawah mata dan biarkan semalaman. Di pagi hari, bilas dengan air. Untuk hasil yang maksimal, coba lakukan cara ini secara rutin.

Baca Juga :  Ketahui Berbagai Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published.