4 Cara Efektif Mengusir Lalat Pakai Bahan Alami

4 Cara Efektif Mengusir Lalat Pakai Bahan Alami

Lalat adalah sejenis serangga dalam ordo Diptera dari kelas Insecta yang semuanya bersayap. Mereka juga disebut serangga”pengganggu”. Panjang lalat sekitar 1/4 inci dan umumnya berwarna abu-abu.

Kita bisa menemukan lalat rumah hampir di mana-mana. Mereka bertelur di kotoran hewan, sampah, dan bahan organik yang membusuk.

Lalat yang masuk ke dalam rumah sangatlah mengganggu. Namun, tenang saja, pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa cara efektif mengusir lalat di rumah.

Cara mengusir lalat di rumah ini menggunakan berbagai bahan alami dengan harga yang terjangkau. Karenanya, kita tidak perlu khawatir akan keluar duit banyak hanya untuk mengusir lalat di rumah.

1. Letakkan bunga lavender di rumah

Selain efektif mengusir nyamuk, bunga lavender juga bisa digunakan sebagai cara untuk mengusir lalat. Kita hanya perlu memasukkan beberapa tangkai lavender ke dalam pot dan menyimpannya di sudut rumah yang kerap didatangi lalat. Cara mengusir lalat ini efektif dan juga bisa mempercantik tampilan rumah, lho.

2. Cuka apel sebagai umpan lalat

Cara mudah mengusir lalat lainnya adalah dengan menggunakan cuka apel sebagai umpan. Siapkan botol air mineral bekas, potong bagian tengahnya dan tuangkan cuka apel hingga separuh botol.

Setelah itu tutup botolnya menggunakan kertas yang sudah dilubangi dan bisa dimasuki lalat. Dengan efektif, cuka apel akan mengundang lalat masuk ke dalam botol, kemudian lalat akan terendam di dalam cuka apel itu.

3. Pakai sereh

Sereh tidak hanya membuat lalat menjauh dari rumah, tetapi juga membuat rumah kita menjadi harum.

Selain tidak menyukai bau lavender, lalat juga tidak menyukai bau sereh.

Oleh karena itu, kita bisa menggunakan larutan sereh untuk mengusir lalat.

Kita hanya perlu melarutkan sereh dan menyemprotkannya ke area di mana lalat kerap datang dan hinggap.

4. Air rendaman cengkeh

Cengkeh memiliki bau yang sangat khas dan unik, dan lalat tidak menyukainya. Untuk itu, kita bisa menggunakan cengkeh sebagai cara mengusir lalat dengan cara merendam biji cengkeh ke dalam air, kemudian menyimpan rendaman itu di tempat yang kerap dihinggapi lalat.

Kehadiran lalat tidak hanya mengganggu. Mereka juga dapat membahayakan kesehatan kita. Dengan menjaga kebersihan rumah (terutama menghindari sisa makanan) dapat membantu mencegah serangan lalat masuk rumah.

Jika akhirnya mereka menyerang, kita bisa mencoba cara – cara di atas untuk mengusir lalat.