3 Cara Tepat Membersihkan Telinga, Hindari Cotton Bud

3 Cara Tepat Membersihkan Telinga, Hindari Cotton Bud

Kotoran telinga mungkin merupakan hal menjengkelkan yang ingin anda singkirkan. Sayangnya, sulit untuk menghilangkan kotoran telinga sepenuhnya.

Selain itu, sebenarnya kotoran telinga memiliki banyak fungsi. Jadi tidak masalah jika tidak dibersihkan, asalkan tidak mengganggu.

Kotoran telinga dapat membantu mencegah masuknya air dan bakteri serta meminimalisir kemungkinan infeksi telinga yang serius.

Namun, jika merasa tidak nyaman, berikut adalah cara aman menghilangkan kotoran telinga yang dapat anda terapkan.

1. Penggunaan obat tetes telinga

Menggunakan obat tetes telinga yang dijual bebas di apotek atau toko obat dapat menjadi salah satu cara untuk membersihkan kotoran telinga. Obat ini mampu melunakkan gumpalan dan membuat kotoran lebih mudah dikeluarkan.

Sebagai tips, selama 2-3 hari setelah menggunakan pelunak kotoran telinga, miringkan kepala anda dan teteskan air hangat ke dalam saluran telinga yang bermasalah, lalu miringkan kepala anda ke sisi lain untuk menghilangkan kotorannya. Keringkan air dari saluran telinga, lalu keringkan dengan handuk.

Baca Juga :  5 Mitos Tentang Kesehatan Mata yang Perlu Diluruskan

Anda mungkin perlu mengulangi proses ini beberapa kali sampai semua kotoran telinga hilang. Namun, jika anda memiliki infeksi telinga atau pernah menjalani operasi telinga, jangan gunakan cara ini.

Cara ini juga berisiko memperdalam kotoran telinga yang melunak terdorong masuk ke dalam saluran telinga. Oleh karena itu, jika kotoran telinga tidak berkurang, segera konsultasikan ke dokter.

2. Penggunaan minyak zaitun atau baby oil

Anda juga bisa melembabkan bagian dalam telinga dengan minyak zaitun atau baby oil untuk membersihkan telinga. Cukup oleskan beberapa tetes minyak zaitun atau baby oil pada telinga yang bermasalah dan tunggu sekitar lima menit.

Untuk diketahui, penggunaan minyak zaitun jarang menyebabkan alergi atau iritasi. Namun, kotoran telinga yang mengeras membutuhkan waktu lama untuk melunak dan kemudian rontok dengan sendirinya. Anda mungkin perlu mengulangi cara ini beberapa kali secara teratur untuk mendapatkan hasil terbaik.

3. Penanganan medis

Jika kotoran telinga menumpuk dan sulit dikeluarkan, anda bisa mengonsultasikannya ke dokter. Biasanya, dokter menggunakan alat khusus untuk mengeluarkan kotoran telinga atau menggunakan alat sedot.

Baca Juga :  Ketahui Jenis-Jenis Diabetes dan Cara Mencegahnya

Langkah lain yang mungkin disarankan oleh dokter adalah prosedur irigasi telinga. Cara ini dilakukan dengan menghilangkan kotoran telinga dengan air hangat.

Jika kotoran telinga terus menumpuk, dokter mungkin menyarankan cara membersihkan telinga dengan obat-obatan, seperti peroksida karbamida, yang harus digunakan sesuai petunjuk dokter.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, terutama jika anda merasakan sakit telinga, gangguan pendengaran, keluarnya cairan atau darah dan bau yang tidak sedap dari telinga anda.