fbpx
3 Cara Redakan Asam Urat Tinggi Tanpa Obat-obatan
Source : freepik

3 Cara Redakan Asam Urat Tinggi Tanpa Obat-obatan

Asam urat tinggi ditandai dengan sejumlah gejala, beberapa di antaranya adalah nyeri dan bengkak.

Asam urat merupakan penyakit yang umum diderita masyarakat negeri ini. Penyakitnya memang tidak menular, tapi asam urat bisa menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita.

Asam urat umumnya mulai menyerang di usia 30 tahun.

Orang yang menderita asam urat terjadi karena adanya peningkatan produksi asam urat dalam tubuh. Karena itu, asam urat menumpuk dan mengendap di persendian.

Ini bisa membuat orang merasakan nyeri sendi di area tertentu. Biasanya penderita asam urat menderita nyeri di jempol kaki.

Saat asam urat kambuh, penderita pasti merasa tidak nyaman dan sulit beraktivitas.

Nah, inilah cara meredakan nyeri akibat asam urat tinggi tanpa mengonsumsi obat-obatan.

1. Cabai rawit

Cukup sediakan setengah sendok teh bubuk cabai rawit dan satu sendok makan minyak kelapa hangat.

Campur bubuk cabai dengan minyak kelapa dan aduk hingga merata. Setelah itu, letakkan ramuan tersebut pada area yang terasa nyeri dan bengkak akibat asam urat.

Baca Juga :  Ketahui 5 Cara Efektif Membakar Lemak Selain Olahraga

Biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

2. Kompres dingin

Kita bisa mengompres dingin dengan membalut es batu dengan kain atau mengisi botol dengan air dingin dan es, lalu meletakkannya di area yang nyeri.

Untuk hasil optimal, gunakan kompres dingin dalam waktu 1-2 hari setelah bengkak muncul. Dalam satu sesi, kita dapat melakukan ini dalam waktu 10 hingga 20 menit. Tujuannya untuk mencegah peradangan pada persendian yang terkena.

Kompres dingin dapat meredakan asam urat tinggi
Kompres dingin dapat meredakan asam urat tinggi (Source : freepik)

Mengapa kita membutuhkan kompres dingin? Karena kompres dingin bersuhu rendah, dapat merangsang penyempitan darah dan memperlambat aliran darah ke sendi yang meradang.

3. Konsumsi jahe

Kita bisa minum air jahe hingga 1-2 gelas sehari. Jika gejalanya tidak kunjung membaik, kita perlu berkonsultasi ke dokter. Kita mungkin memerlukan obat penghilang nyeri untuk mengendalikan gejala yang masih terasa.

Selain itu, perlu ditekankan bahwa jahe hanya dapat digunakan untuk mengurangi peradangan akibat penumpukan asam urat pada persendian. Artinya jahe tidak bisa menurunkan kadar asam urat dalam darah atau menyembuhkan penyakit.

Baca Juga :  Tips Mengoptimalkan Hubungan Antara Makan dan Tidur

Oleh karena itu, perubahan gaya hidup harus dilakukan dengan mengurangi konsumsi makanan tinggi purin agar asam urat tidak meningkat dan menimbulkan gejala nyeri.