Cara Mengatasi Komputer Mati Tidak Bisa Menyala

Cara Mengatasi Komputer Mati Tidak Bisa Menyala

harianesia.com – Saat ini, memang sudah banyak pengguna, android, tablet dan laptop. Tetapi tidak sedikit juga orang yang menggunakan komputer untuk membantu menyelesaikan pekerjaan mereka. Terutama bagi mereka yang bekerja di office. Kebutuhan penyimpanan data yang cukup besar, membuat hampir semua perusahaan menggunakan komputer atau PC. Lantas, bagaimana jika tiba – tiba komputer anda mati? Berikut Cara Mengatasi Komputer Mati Tidak Bisa Menyala.

Penyebab Komputer Mati Tidak Menyala

Sebelum mengatasi komputer mati anda yang tidak bisa menyala. Perlu kiranya, kita identifikasi terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada komputer tersebut. Agar tidak terjadi kesalahan pada saat melakukan perbaikan.

  1. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah, mengecek terlebih dahulu aliran listrik pada komputer. Jika aliran listrik sudah anda pastikan terhubung dengan baik maka, perhatikan cara mengatasi komputer mati.
  2. Jika komputer anda telah dinyalakan, maka PSU pada komputer mengalirkan listrik pada bagian – bagian yang ada pada komputer.
  3. Setelah itu, Motherboard melakukan POST. Jika ada komponen atau bagian yang belum terpasang atau terjadi perubahan maupun kerusakan pada komputer, akan ditandai dengan munculnya bunyi beep.
  4. Jika semuanya baik – baik saja, komputer akan melakukan proses selanjutnya yaitu BIOS.
  5. Jika tidak ada permasalahan maka komputer anda lancar dalam melakukan proses booting komputer.

Cara Mengatasi Komputer Mati Tidak Bisa Menyala.

  1. Jika penyebab komputer anda bukan karena aliran listrik dan pada awal digunakan menyala, kemudian mati. Saat anda mau menyalakan kembali, komputer mati dan tidak bisa menyala. Kemungkinan permasalahan ada pada prosesor anda. Kondisi ini, terjadi karena adanya peningkatan suhu pada prosesor. Sehingga komputer tersebut, tidak akan bsa dinyalakan sampai suhu kembali normal.

Cara mengatasi komputer mati adalah, dengan membersihkan debu yang ada pada motherboard dan sekitar prosesor. Tak terkecuali pada bagian kipas prosesor. Selain itu, mengganti pasta pada prosessor juga dapat menjaga suhu pada komputer.

  1. Kondisi power supply, juga harus anda pastikan dalam keadaan baik. Jika power supply dalam keadaan rusak, tentu akan menghambat aliran listrik pada komputer. cara mengatasi komputer mati untuk mengecek keadaan power supply tersebut adalah dengan memeriksa bagian kipas power supply.
  2. Jika terdengar bunyi ‘beep’ pada komputer anda, menandakan terjadinya gagal booting. Hal yang dapat anda lakukan adalah memeriksa bagian VGA cardnya. Apakah sudah terpasang dengan benar atau belum. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan pada sambungan kabel ke hardisk.
  3. Komputer menyala tetapi gambar pada monitor tidak muncul, kemungkinan terbesar adalah kerusakan pada RAM motherboard. Apabila ada pemasangan RAM komputer maupun laptop yang tidak sesuai, maka yang akan muncul dilayar hanyalah warna hitam. Sehingga pastikan RAM anda terpasang dalam kondisi baik, dengan memastikan penjepit kanan dan kiri dari memory card terpasang dengan baik sehingga mengeluarkan bunyi ‘klik’. Selain itu, faktor lainnya adalah adanya debu pada RAM, sehingga perlu dibersihkan terlebih dahulu.
  4. Komputer menyala tapi tidak booting. Hal ini terjadi karena windows pada komputer terdapat data yang corrupt dan hardisk terjadi bad sector. Hal yang bisa anda lakukan adalah dengan mengintsall ulang windows dan mengganti hardisk dengan instalasi baru. Ini bertujuan untuk mengganti sistem pada komputer.

Demikian beberapa Cara Mengatasi Komputer Mati Tidak Bisa Menyala. Untuk menghindari hal tersebut, lakukan perawatan secara berkala pada komputer anda. Salah satunya dengan membersihkan debu – debu yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *