Ibu Hamil Minum Es? Hanya Mitos atau Fakta?

Ibu Hamil Minum Es? Hanya Mitos atau Fakta?

harianesia.com – Ibu hamil minum es pastilah sudah tidak asing di telinga siapapun, apalagi untuk para calon ibu yang sedang mengandung. Es dianggap mampu membuat ukuran bayi yang dikandung besar, karena sifatnya yang dingin dan dapat membekukan.

Tapi pernahkah berpikir, apakah ibu hamil minum  es itu dapat membuat bayi menjadi besar? Hanya mitos turun temurun atau apakah memang fakta? Mari kita cek.

Fakta Sebenarnya Ibu Hamil Minum Es

Sebenarnya, air dalam berbagai bentuk, mau yang dingin ataupun panas, sebenarnya sama-sama tidak memiliki kalori. Sifatnya masih sama yaitu, nol kalori. Tapi, pernyataan tersebut akan berbeda jika ada tambahan zat lainnya yang ditambahkan ke dalam air. Misalnya saja tambahan gula, sirup, yang justru membuatnya menjadi banyak kalori.

Lantas, bagaimana terkait ibu hamil minum es? Kabar gembira untuk pencinta minuman dingin. Ternyata ungkapan tersebut hanyalah mitos.

Air justru dibutuhkan oleh banyak orang, termasuk ibu hamil yang tujuannya untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Sehingga larangan ibu hamil minum es adalah sebuah hoax yang katanya dapat membuat bayi menjadi besar dan ditakutkan akan membuat persalinan susah.

Faktanya, berat bayi menjadi besar bukan tentang ibu hamil minum es, namun ada faktor lainnya, yaitu :

  1. Faktor genetic dari orang tua si bayi’

Gen orang tua berpengaruh sangat besar yang membuat ukuran bayi menjadi besar. Apabila orang tua dari si bayi memiliki badan yang gemuk dan besar, maka hal itu dapat berpotensi menurunkan ke bayi, sehiingga bayi akan lebih besar dibanding rata-rata berat bayi umumnya.

  1. Kehamilan posterm

Usia kandungan yang lebih lama dari biasanya pun juga menjadi faktor dari berat bayi yang lebih besar daripada saat kandungan pada waktu normalnya.

  1. Makan yang terlalu banyak

Banyak yang bilang bahwa saat hamil nafsu makan cenderung tinggi, namun jangan sampai berlebihan dan justru menjadikan hal ini timbunan lemak untuk tubuh. Pola makannya harus diatur dan dijaga ya keseimbangannya.

  1. Malas beraktifitas

Hamil bukanlah alasan untuk seseorang menjadi malas dalam melakukan aktifitas, terutama olahraga. Jika calon ibu justru malas untuk beraktifitas, hal ini dapat berdampak bayi akan memiliki berat diatas rata-rata.

  1. Kebanyakan kafein

Bukan ibu hamil minum es yang membuat bayi menjadi besar dalam kandungan, namun justru meminum minuman yang memiliki kandungan kafein seperti tah dan kopi lah yang membuat bayi menjadi besar. Sehingga harus mulai dibatasi ya kandungan kafein yang masuk ke dalam tubuh.

Anjuran Untuk Ibu Hamil Agar Tetap Fit

Selain makan-makanan yang bergizi, ada beberap hal yang harus dilakukan agar ibu hamil dan bayi di dalam perutnya tetap fit yaitu :

  1. Rutin control ke dokter

Dengan rutin control ke dokter, para calon orang tua menjadi tahu perkembangan apa yang terjadi pada bayinya. Sehingga jika terjadi sesuatu dapat diantisipasi.

  1. Olahraga atau perbanyak aktifitas

Lakukan aktifitas olahraga ringan yang disenangi oleh ibu hamil. Olahraga selain bagus untuk badan, ternyata dapat membantu ibu hamil supaya tetap fit.

  1. Cukup istirahat

Dengan cukup istirahat, kondisi badan dan mental ibu hamil dapat terjaga, sehingga diharapkan bahwa kandungannya pun tetap terjaga dengan baik dan sehat.

Nah, setelah baca artikel di atas, jadi saat ini tahu ya, bahwa larangan ibu hamil minum es itu ternyata hanyalah mitos belaka. Es bukanlah faktor yang membuat bayi besar, namun ingat harus tetap dalam takaran yang pas dan seimbang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *