Tips Ampuh Cara Hilangkan Ketombe Secara Alami

Tips Ampuh Cara Hilangkan Ketombe Secara Alami

harianesia.com – Berbicara tentang ketombe, tentu tidak akan ada habisnya. Parasit yang muncul di kepala kita ini, tentu memicu ketidaknyamanan pada kulit rambut kita. Apalagi, jika kita sedang bekerja dan berkeringat dalam cukup banyak. Tentu, akan memicu semakin banyaknya jumlah ketombe yang akan muncul. Tak jarang juga, karena tidak sabar kita akan menggaruknya sehingga serpihan – serpihan putih itu jatuh ke baju kita. Pastinya sangat tidak nyaman jika terlihat oleh teman kita. Maka dari itu, kali ini akan kami berikan Tips Ampuh Cara Hilangkan Ketombe Secara Alami.

Penyebab Munculnya Ketombe

Sebelum kita berikan tipsnya, anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa penyebab datangnya ketombe pada kulit rambut anda. Berikut beberapa penyebab munculnya ketombe:

  • Intensitas keramas yang sedikit ataupun terlalu sering. Jarang atau terlalu sering keramas, membuat kulit kepala kita menjadi tidak sehat.
  • Adanya infeksi oleh jamur malassezia. Dalam jumlah yang sedikit atau terkontrol, jamur ini bukanlah jamur parasit pada kepala kita. Tetapi, jika jamur ini ada dalam jumlah yang cukup banyak, dapat menjadikan salah satu pemicu datangnya ketombe.
  • Alergi akibat menggunakan produk yang salah untuk perawatan rambut.
  • Terkena psoriasis yaitu pengelupasan pada kulit kepala akibat peradangan. Sehingga menjadi mudah terkelupas.

Cara Hilangkan Ketombe Secara Alami

Lidah Buaya

Kandungan beberapa unsur yang ada dalam lidah buaya, menjadikan lidah buaya menjadi salah satu bahan yang banyak digunakan dalam dunia kosmetik. Tak terkecuali untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala. Selain menjadikan rambut menjadi hitam berkilau, lidah buaya juga dapat mencegah rontok dan menguatkan akar pada rambut.

Ketombe Hilang dengan Lidah Buaya

  1. Oleskan bagian lidah buaya yang berlendir tersebut pada kulit kepala secara merata.
  2. Pastikan olesan merata hingga ke akarnya
  3. Tunggu 30 menit, kemudian bilaslah dengan air bersih.

Minyak Serai

Menghilangkan ketombe secara alami, juga bisa anda lakukan dengan memanfaatkan minyak serai. Serai menurut beberapa penelitian dipercaya memiliki kandungan antimikrobia. Maka, kandungan ini dapat anda gunakan untuk membersihkan kulit kepala anda

Hilangkan Ketombe Secara Alami dengan Minyak Serai.

  1. Masak daun serai dan diberi air.
  2. Ratakan pada kepala kulit dari akar rambut sampai ujungnya
  3. Diamkan beberapa saat, sekitar 30 menit dan bilas dengan air.

Cuka Apel

Jika selama ini, kita hanya memanfaatkan cuka untuk bahan makanan. Ternyata, cuka juga dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe secara alami. Tentunya, anda harus memperhatikan langkah – langkah berikut ini, agar cuka bisa bekerja dengan baik.

Ketombe Hilang dengan Cuka Apel

  1. Ambil 1 sdt cuka apel
  2. Gunakan secukupnya dengan meratakan ke kulit kepala.
  3. Diamkan 15 menit, kemudian bilas dengan air.
  4. Jika anda menginginkan hasil maksimal, gunakan 2 kali dalam satu minggu.

Minyak Kelapa

Sama dengan bahan alami lainnya. Minyak kelapa yang telah dipisahkan dari air kelapa, dapat anda gunakan untuk menghilangkan ketombe. Dengan meratakan minyak kelapa pada rambut dan menunggu beberapa menit, dapat membantu mengurangi ketombe pada kepala anda untuk Hilangkan Ketombe Secara Alami.

Minyak Tea Tree (Pohon Teh)

Pakar mikrobiologi Amerika telah membuktikan bahwa kandungan antimikrobia pada minyak pohon teh, dapat mengurangi ketombe. Sebagaimana dengan minyak alami lainnya. Caranya oleskan minyak pada kulit kepala. Kemudian tunggu beberapa menit dan bilas. Selamat mencoba Tips Ampuh Cara Hilangkan Ketombe Secara Alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *