Cara Pembuatan Dan Perawatan Filter Kolam Koi

Cara Pembuatan Dan Perawatan Filter Kolam Koi

harianesia.com – Ikan koi merupakan salah satu ikan yang menjadi incaran para pecinta ikan. Ikan yang memiliki corak khas pada tubunya ini, memiliki daya tarik tersendiri. Selain itu, ada beberapa masyarakat yang memiliki kepercayaan akan keberuntungan yang dibawanya. Sehingga tidak heran jika ikan ini memiliki penggemar yang cukup banyak. Terlepas dari itu, corak ikan koi yang menarik akan menjadi rusak jika tanpa adanya perawatan. Salah satu untuk menjaganya adalah dengan memperhatikan filtrasi pada kolam ikan. Untuk lebih jelasnya berikut Cara Pembuatan Dan Perawatan Filter Kolam Koi.

Cara Pembuatan Filter Kolam Koi

Untuk pembuatan filter kolam koi, anda harus tahu terlebih dahulu varian filter yang akan anda buat. Berdasarkan jenisnya, filter dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Varian mekanik
  • Varian biologis

Beberapa pecinta ikan membuat dua filter tersebut dalam satu kolam, untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Filter Koi Jenis Mekanik

Sebagaimana namanya, filter mekanik ini memiliki prinsip menyaring air dari kotoran yang besar atau berbentuk padat sekalipun ataupun halus. Untuk membuat air tersebut dapat terpisah dengan kotoran, diperlukan wadah yang digunakan untuk memisahkan. Dimana dalam wadah tersebut telah terisi berbagai macam bahan yang berfungsi untuk menyaring. Karena fungsi membersihkannya yang mencapai 95%, maka anda perlu menyiapkan alat untuk membersihkan. Alat – alat tersebut seperti; filter mat, brush (sikat), pasir bertingkat, dan Rotary Drum Filter (RDF).

Pembuatan Filter Koi Mekanik

Sebelum membuat filter kolam koi mekanik, ada beberapa alat yang perlu anda siapkan yaitu; pompa listrik kecil, bak, dan media filter.

  • Pertama, pasang pompa pada bak yang akan digunakan sebagai wadah filter.
  • Kemudian, buatlah media filter secara bertahap. Misalnya: yang paling bawah adalah pasir, serabut kelapa, batu. Sehingga air dapat terfilter dengan baik.
  • Selanjutnya, bak yang telah dibuat tersebut dilubangi bagian bawahnya.
  • Pada saat anda melakukan filtrasi, anda dapat memberikan air yang baru pada kolam anda agar ikan koi yang berada di kolam tidak mengalami stress.

Sistem filter ini, dapat dengan mudah anda buat dan tetap menjadikan ikan koi anda menjadi tetap segara dan tidak stress.

Pembuatan Filter Koi Biologis

Sebagaimana namanya, filter kolam koi ini menggunakan makhluk hidup lain untuk membersihkan air. Seperti jenis bakteri tertentu yang memang difungsikan untuk melakukan penguraian pada kandungan bahan kimia dalam air. Hal ini, bertujuan untuk mengurangi racun dalam air.

Salah satu ciri dari filter biologis adalah adanya siklus nitrifikasi. Dimana pada tahapannya amonia yang ada pada kolam atau akuarium akan diubah menjadi nitrit dengan bantuan bakteri Nitrosomonas. Kemudian tahap selanjutnya, setelah terbentuk nitrit, akan ada bakteri Nitrobacter yang bertugas mengubah nitrit menjadi nitrat.

Berikut ringkasan skematisnya: amonia à nitrit à nitrat

Bakteri Nitrobacter ini lah yang nantinya akan membuat endapan dan memisahkan air yang kotor. Dalam pembuatan endapan tersebut dibutuhkan wadah. Sehingga endapan yang telah terbuat tidak membuat sedimen yang nantinya akan mengurangi jumlah oksigen dalam air.

Selain bakteri, ada juga yang memanfaatkan tanaman air seperti melati air (Echinodorus palifolius), payung – payungan (Fillicium), Eichhornia crassipes (enceng gondok) ataupun sejenis tanaman air lainnya.

Setelah membuat filter ikan koi, tahap selanjutnya adalah perawatan dari alat tersebut agar tidak mudah rusak.

Perawatan Filter Kolam Koi

Berikut kami rangkum cara perawatan filter ikan koi:

  • Bagi anda yang telah membuat sistem back wash, maka anda dapat memanfaatkannya untuk mengubah arah aliran air.
  • Membersihkan media filter secara berkala. Anda bisa menggunakan filter mat, dacron, brush ataupun ijuk. Atau jika anda ingin mengubah media filter, anda dapat mengganti batu Ziolitenya.
  • Mencuci Bio Ball (rumah khusus yang dibuat untuk bakteri).

Beberapa tips Cara Pembuatan Dan Perawatan Filter Ikan Koi tersebut dapat anda gunakan untuk menjaga ikan koi anda agar tidak mudah stress ataupun mati. Selamat mencoba…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *